Whatsapp

Halo, terima kasih sudah mengunjungi toko kami. Apakah ada yang dapat kami bantu?

CS Ali Fuadi
● online
CS Ali Fuadi
● online
Halo, perkenalkan saya CS Ali Fuadi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami

Tas seminar AsterTas.com Solusi tas seminar yang praktis dan berkualitas

Beranda » Blog » Nama Nama Bahan Kain Tas Yang Sering Digunakan

Nama Nama Bahan Kain Tas Yang Sering Digunakan

Diposting pada 19 Januari 2023 oleh astertas / Dilihat: 31 kali / Kategori:

Bahan yang digunakan untuk membuat tas sangat beragam, tergantung pada jenis dan model tas yang akan dibuat. Beberapa nama bahan yang sering digunakan dalam pembuatan tas adalah kulit, kain canvas, kain parasut, kain tetron, kain goni, dan bahan sintetis seperti poliester dan nylon.

Kulit adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat tas klasik seperti tas jinjing, tas ransel, dan tas gendong. Kulit memiliki sifat yang kuat, tahan lama, dan tahan terhadap kotoran. Selain itu, kulit juga dapat diolah dengan berbagai jenis finishing seperti glossy, matte, atau embossed.

Kain canvas adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat tas sekolah, tas kerja, dan tas outdoor. Kain canvas memiliki sifat yang kuat, tahan lama, dan tahan terhadap kotoran. Selain itu, kain canvas juga dapat dicetak dengan berbagai jenis motif dan desain.

Kain parasut adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat tas promosi, tas seminar, dan tas souvenir. Kain parasut memiliki sifat anti air, ringan dan mudah dalam perawatannya. Selain itu, kain parasut juga dapat dicetak dengan berbagai jenis motif dan desain.

Kain tetron adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat tas sehari-hari, tas kerja, dan tas olahraga. Kain tetron memiliki sifat kuat, tahan lama, ringan, dan nyaman digunakan serta dapat ditemukan dalam berbagai warna dan desain.

Kain goni adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat tas seminar dan tas souvenir. Kain goni memiliki sifat ramah lingkungan, ringan dan mudah dalam perawatannya. Selain itu, kain goni juga dapat dicetak dengan berbagai jenis motif dan desain.

Sementara itu, bahan sintetis seperti poliester dan nylon sering digunakan untuk membuat tas olahraga, tas sehari-hari, tas kerja, dan tas promosi. Bahan ini memiliki sifat tahan air, tahan lama dan ringan, serta mudah dalam perawatannya.

Dalam memilih bahan yang digunakan untuk membuat tas, sebaiknya dipertimbangkan berdasarkan fungsinya, sifat bahan, dan desain yang diinginkan.

kain dalam bentuk roll dalam pipa kardus

Tas adalah salah satu aksesori yang sangat penting bagi kebanyakan orang. Tas digunakan untuk menyimpan berbagai barang yang dibutuhkan dalam perjalanan sehari-hari, seperti dompet, kunci, telepon, buku, dan banyak lagi. Ada berbagai jenis tas yang tersedia di pasaran, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satu hal yang membedakan jenis tas adalah bahan yang digunakan untuk membuatnya. Berikut ini adalah beberapa nama bahan yang sering digunakan dalam pembuatan tas:

  1. Kulit: Tas kulit adalah salah satu jenis tas yang paling populer dan digemari. Kulit merupakan bahan yang tahan lama dan tahan air, sehingga cocok untuk digunakan dalam cuaca yang buruk. Kulit juga dapat dipercantik dengan berbagai teknik, seperti permasalan dan embossing, sehingga tas kulit dapat dibuat dengan desain yang indah.
  2. Kanvas: Tas kanvas adalah salah satu jenis tas yang paling sederhana. Kanvas adalah bahan yang terbuat dari katun atau polyester yang diikat dengan lem. Tas kanvas biasanya lebih murah dibandingkan dengan tas kulit, tetapi memiliki daya tahan yang lebih rendah.
  3. Nylon: Nylon adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan tas yang memiliki daya tahan yang baik. Nylon juga tahan air dan ringan, sehingga cocok untuk digunakan dalam perjalanan jauh.
  4. Polyester: Tas yang terbuat dari polyester memiliki daya tahan yang baik dan tahan air. Polyester juga mudah dibersihkan dan lebih murah dibandingkan dengan tas kulit.
  5. Sintetis: bahan sintetis lainnya yang juga digunakan dalam pembuatan tas adalah PVC (Polyvinyl chloride) atau vinil, PU (Poliuretan) yang kedua bahan ini terkenal sebagai bahan tahan air dan mudah dibersihkan
  6. Kain : ada berbagai jenis kain yang digunakan dalam pembuatan tas seperti katun, linen, sutera, sifon dan lain sebagainya . Tergantung dari jenis tas yang diinginkan maka kain yang digunakan pun berbeda

Dalam memilih tas seminar, perlu diperhatikan beberapa hal seperti harga yang sesuai dengan budget, bahan yang sesuai dengan jenis/model tas yang akan dibuat, cara penyablonan atau pembuatan logo, lama penggunaan tas, dan tema acara seminar. Hal ini perlu dipertimbangkan dengan matang, karena tas seminar dapat menjadi identitas sebuah organisasi dan merupakan citra bagi penyelenggaranya.

Nama Bahan Kain Tas yang sering di pakai juga bisa di terapkan untuk tas seminar

Tas seminar merupakan salah satu kelengkapan penting dalam acara seminar. Tas ini dapat digunakan sebagai media promosi dan juga sebagai souvenir bagi para peserta seminar. Namun, untuk membuat tas seminar yang berkualitas, pemilihan bahan dasar kain yang tepat sangat penting. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa bahan dasar kain yang baik untuk tas seminar sesuai dengan model tas dan tujuan penggunaannya.

Kain Dinir/Dinier (D420, D600, D300, D1680)

Dinier d1680Dinier d300

Kain Dinir/Dinier (D420, D600, D300, D1680) Kain dinir/dinier merupakan bahan dasar kain yang paling sering digunakan untuk tas seminar. Kain ini memiliki tekstur yang kuat, tahan air, dan tahan lama. Kain dinir/dinier juga cukup mudah dalam perawatan dan dapat digunakan dalam berbagai model tas seminar seperti tas ransel, tas laptop, tas tote bag, tas selempang, dll.

Kain dinir merupakan bahan yang paling sering dipakai dalam pembuatan tas seminar. Pada awalnya, bahan ini sering digunakan untuk membuat tas anak-anak, tas sekolah, tas TK, dan juga banyak digunakan untuk tas orang dewasa dengan model ransel.

Kain dinir mencangkup dinir yang tipis hingga bahan tas ransel dinir yang tebal. Kain ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tas seminar karena memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Dinir juga memiliki sifat yang tidak mudah kusut, sehingga tas yang dibuat dari bahan ini akan terlihat rapi dan bersih.

Selain itu, tas seminar yang dibuat dari kain dinir juga memiliki tampilan yang elegan dan modern. Kain ini juga mudah dicuci dan digunakan kembali, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam acara-acara seminar atau rapat.

Tas seminar dari kain dinir juga memiliki berbagai pilihan warna yang menarik, seperti hitam, abu-abu, coklat, dan biru. Selain itu, tas ini juga dapat dicetak dengan logo atau nama perusahaan yang akan dijadikan sebagai media promosi.

Kesimpulannya, kain dinir merupakan bahan yang sangat cocok untuk digunakan sebagai tas seminar karena memiliki sifat yang kuat, tahan lama, mudah dicuci, dan elegan. Tas seminar dari kain dinir juga dapat digunakan sebagai media promosi perusahaan.

Kain Kanvas

kain kanvas

 

Kain kanvas merupakan bahan dasar kain yang juga sering digunakan untuk tas seminar. Kain ini memiliki tekstur yang kuat, tahan air, dan tahan lama. Kain kanvas juga cukup mudah dalam perawatan dan dapat digunakan dalam berbagai model tas seminar seperti tas ransel, tas laptop, tas tote bag, tas selempang, dll.

Bahan kanvas merupakan jenis material hasil produksi pabrik yang bertekstur tebal dan kuat. Bahan ini bisa digunakan sebagai material tas, sepatu, tenda, terpal, dan jaket. Bahan kanvas mempunyai ketebalan yang baik untuk dijahit dan dijadikan tas. Biasanya kanvas dijadikan sebagai totte bag ataupun goodie bag.

Kanvas juga merupakan bahan yang sangat populer untuk dibuat tas karena bahannya cukup kuat dan bisa bertahan lama. Selain itu, kanvas juga merupakan bahan yang bisa menjadi shooping bag dan membantu program go green untuk menggantikan penggunaan plastik di masyarakat.

Secara fisik, kain kanvas memiliki tampilan yang terlihat cukup tebal dan juga agak berat. Namun, kain kanvas juga kuat dan tahan lama. Kain ini juga tahan air sehingga sangat cocok digunakan untuk tas yang akan digunakan dalam cuaca yang tidak menentu atau dalam acara yang berhubungan dengan air.

Kanvas juga dapat dicetak dengan logo atau nama perusahaan sebagai media promosi. Berbagai warna kanvas juga tersedia seperti hitam, abu-abu, coklat, dan biru. Selain itu, kanvas juga dapat dicetak dengan desain yang unik dan menarik untuk membuat tas yang fashionable dan stylish.

Kesimpulannya, bahan kanvas merupakan pilihan yang baik untuk dibuat tas karena kuat, tahan lama, tahan air, dan dapat digunakan sebagai media promosi. Bahan kanvas juga membantu program go green dengan menggantikan penggunaan plastik di masyarakat.

Kain Poliester

Kain Polyester

Kain poliester merupakan bahan dasar kain yang juga sering digunakan untuk tas seminar. Kain ini memiliki tekstur yang kuat, tahan air, dan tahan lama. Kain poliester juga cukup mudah dalam perawatan dan dapat digunakan dalam berbagai model tas seminar seperti tas ransel, tas laptop, tas tote bag, tas selempang, dan lain sebagainya.

Kain poliester memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca dan tidak mudah rusak. Kain ini juga tahan terhadap air sehingga sangat cocok digunakan untuk tas yang akan digunakan dalam cuaca yang tidak menentu atau dalam acara yang berhubungan dengan air. Kain poliester juga tahan terhadap cahaya matahari, sehingga warna tidak akan cepat pudar meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

Kain poliester juga dapat dicetak dengan logo atau nama perusahaan sebagai media promosi. Berbagai warna poliester tersedia seperti hitam, abu-abu, coklat, dan biru. Selain itu, kain ini juga dapat dicetak dengan desain yang unik dan menarik untuk membuat tas yang fashionable dan stylish.

Kain poliester juga cukup mudah dalam perawatan, sehingga sangat cocok digunakan untuk tas yang akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kain ini dapat dicuci dengan mesin cuci, namun harus dalam kondisi yang tidak terlalu panas dan harus dibasahi terlebih dahulu sebelum dicuci. Kain poliester juga dapat dikeringkan dengan mesin pengering, namun harus dalam kondisi yang tidak terlalu panas.

Kesimpulannya, kain poliester merupakan pilihan yang baik untuk dibuat tas seminar karena kuat, tahan lama, tahan air, dan mudah dalam perawatan. Kain ini juga dapat digunakan sebagai media promosi perusahaan. Tas seminar dari kain poliester juga dapat digunakan dalam berbagai model tas seperti tas ransel, tas laptop, tas tote bag, tas selempang, dll.

Kain Jeans

Kain Jean atau denim untuk tas

Kain Jeans merupakan bahan dasar kain yang juga sering digunakan untuk tas seminar. Kain ini memiliki tekstur yang kuat, tahan air, dan tahan lama. Kain Jeans juga cukup mudah dalam perawatan dan dapat digunakan dalam berbagai model tas seminar seperti tas ransel, tas laptop, tas tote bag, tas selempang, dll.

Untuk membuat tas seminar yang berkualitas, pastikan untuk memperhatikan bahan dasar kain yang digunakan sesuai dengan model tas dan tujuan penggunaannya. Beberapa bahan dasar kain yang dapat digunakan seperti kain dinir/dinier, kanvas, poliester, dan jeans.

Kain denim adalah jenis kain yang memiliki serat katun warna biru. Namun seiring dengan perkembangan waktu, kini tersedia berbagai warna denim seperti hitam, putih, abu-abu, dan biru. Denim dikenal sebagai bahan yang bisa digunakan untuk produk konveksi apapun, seperti pakaian, celana, atau jaket. Namun, kain denim juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat tas seminar.

Tas yang bisa dibuat dari bahan denim adalah tas laptop, ransel, dan tas laptop. Denim akan memberikan kesan keren pada tas tersebut. Bahan ini sangat kuat, sehingga mampu membawa beban yang berat. Denim juga cukup awet dan bisa dicuci.

Tas denim juga menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin membuat tas yang unik dan berbeda dari tas lainnya. Denim dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan lain seperti kulit, katun, atau bahkan kain lainnya. Denim juga dapat diolah dengan berbagai teknik seperti sablon, bordir, atau jahit untuk memberikan efek yang lebih menarik.

Dalam membuat tas seminar dari bahan denim, pastikan untuk memperhatikan kualitas kain yang digunakan agar tas tersebut awet dan tahan lama. Pemilihan model dan desain yang tepat juga sangat penting untuk menentukan kesan yang ingin ditampilkan pada tas tersebut.

Baby ripstop dan ripstop

baby ripstopbaby ripstop besar

Baby ripstop dan ripstop adalah jenis kain yang sama, yang membedakan hanyalah pola kotak-kotak yang lebih kecil pada baby ripstop. Kedua jenis kain ini memiliki lapisan karet rapat di bagian dalam untuk mencegah air masuk, sehingga sangat baik digunakan untuk membuat tas seminar.

Baby ripstop terbuat dari campuran beberapa bahan seperti nylon, kapas, sutra, polyester, dan polypropylene, dengan nylon sebagai bahan utama. Karena bahan utamanya adalah nylon, baby ripstop juga sering disebut sebagai nylon baby ripstop. Pola yang unik pada baby ripstop membuatnya tidak mudah sobek.

Bahan baby ripstop ini tipis dan ringan, memiliki struktur 3 dimensi karena benang tebal yang terjalin dengan kain tipis. Pola kotak-kotak yang terdapat pada baby ripstop menambah ketahanan bahan ini. Baby ripstop sangat cocok untuk dibuat menjadi berbagai model tas seperti backpack, lunch bag, pencil case, shoes bag, travel bag, ataupun tas seminar.

Bahan baby ripstop sangat cocok digunakan ketika cuaca ekstrem karena kedap terhadap udara. Selain itu, bahan ini juga sangat cocok untuk disablon dan dibordir. Kain ini juga memiliki ketahanan yang kuat, sehingga sangat cocok untuk dibuat menjadi tas yang awet digunakan.

Kain spunbond

spunbondkain spunbond

Kain spunbond adalah bahan kain yang digunakan sebagai alternatif untuk plastik dan kertas dalam produk seperti shopping bag, goodie bag, dan souvenir. Selain itu, bahan ini juga digunakan dalam dunia kesehatan seperti masker, tutup kepala, dan pampers disposable.

Hal ini didasarkan pada sifat ramah lingkungan kain spunbond yang dapat didaur ulang. Penggunaan kain spunbond sebagai shopping bag sudah sangat populer saat ini karena pembatasan penggunaan plastik. Kain spunbond memiliki harga yang murah namun memiliki banyak manfaat, kualitas yang baik dan cocok untuk digunakan sebagai produk yang tidak terlihat sederhana namun juga tidak terkesan mewah.

Kulit Sintetis

sintetis kulit bahan taskulit sintetis

Bahan kulit sintetis adalah jenis kulit yang dibuat dengan mengimitasi kulit asli hewan tanpa menggunakan kulit asli. Harganya lebih murah dibandingkan dengan kulit asli, namun ketebalan dan kualitasnya juga berbeda. Kelemahan dari bahan ini adalah elastisitas yang kurang tinggi atau terasa kaku dibandingkan dengan kulit asli.

Namun, bahan ini mulai banyak digunakan dalam berbagai jenis fashion seperti tas, dompet, sepatu, jaket, dan lain-lain karena harganya yang murah dan memberikan kesan mewah. Secara tampilan, kulit imitasi ini bisa sangat mirip dengan kulit asli dan menggunakannya tidak akan terlihat “murah” karena warna yang baik.

Kain blacu

kain blacu, bahan tas kain, kain blacu putih, kain tipis putih etnik

Kain blacu adalah jenis kain yang kini tengah populer untuk digunakan sebagai bahan baku dalam berbagai macam kerajinan. Kain ini juga dikenal dengan sebutan rajanya kain kerajinan karena memiliki sifat yang kuat dan tahan lama.

Salah satu produk yang sangat populer yang menggunakan kain blacu adalah tas atau totebag. Tas blacu sangat cocok digunakan sebagai tas sehari-hari karena memiliki desain yang simpel namun tetap stylish. Selain itu, tas ini juga dapat digunakan sebagai tas belanja atau tas kerja.

Kain blacu memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga nyaman digunakan untuk tas yang akan digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, kain ini juga tahan air sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam cuaca yang tidak menentu.

Kain blacu juga dapat dicetak dengan logo atau nama perusahaan sebagai media promosi. Berbagai warna kain blacu juga tersedia seperti hitam, abu-abu, coklat, dan biru. Selain itu, kain ini juga dapat dicetak dengan desain yang unik dan menarik untuk membuat tas yang fashionable dan stylish.

Kesimpulannya, kain blacu merupakan pilihan yang baik untuk dibuat tas karena kuat, tahan lama, tahan air, dan dapat digunakan sebagai media promosi. Kain blacu juga cocok digunakan sebagai tas sehari-hari, tas belanja, atau tas kerja.

Kain goni Atau Rami atau Jute

Kain goni Atau Rami atau Jute bahan jahit

Tas seminar unik dengan kain goni menjadi pilihan yang menarik untuk digunakan sebagai tas seminar. Goni atau yang juga dikenal dengan sebutan Rami atau Jute dalam bahasa Internasional adalah salah satu tanaman serat nabati yang digunakan sebagai bahan baku kain. Kain goni memiliki warna coklat yang terang dan kualitas yang kuat. Tanaman goni tumbuh di daerah tropis dan sub tropis, katulistiwa.

Kain goni juga memiliki beberapa jenis yang berbeda sesuai dengan tingkat kerapatan dan kehalusan dari masing-masing jenis. Kain goni terbuat dari benang goni yang diperoleh dari tanaman goni yang diolah dengan baik.

Tas seminar unik dari kain goni menjadi pilihan yang menarik karena kain goni memiliki sifat yang ramah lingkungan. Tas ini juga dapat digunakan kembali setelah digunakan untuk seminar sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam acara seminar yang mengedepankan sifat ramah lingkungan. Selain itu, tas seminar unik dari kain goni juga memiliki desain yang unik dan menarik sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai tas seminar.

Tas seminar unik dari kain goni juga memiliki harga yang terjangkau dan dapat digunakan kembali sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tas seminar. Tas ini juga dapat digunakan sebagai tas promosi atau tas souvenir yang dapat digunakan oleh para peserta seminar sebagai kenang-kenangan.

Jadi, tas seminar unik dari kain goni menjadi pilihan yang menarik untuk digunakan sebagai tas seminar. Selain ramah lingkungan, tas ini juga memiliki desain yang unik dan menarik serta harga yang terjangkau. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai tas seminar, tas promosi atau tas souvenir yang dapat digunakan oleh para peserta seminar sebagai kenang-kenangan.

Parasut

Parasut adalah salah satu jenis kain yang memiliki banyak warna dan tekstur. Berdasarkan bahan baku, kain parasut dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti parasut sulver, parasut super, parasut tipis, parasut balon, kusut, milky, dan metalik.

Kain parasut telah banyak digunakan dalam pembuatan tas, seperti tas jinjing dan tas gendong. Kain ini memiliki sifat anti air, sehingga bila tas ini kehujanan, warna dan bahan akan cenderung lebih awet. Selain itu, kain ini juga memiliki kelebihan dalam perawatannya yang tidak terlalu sulit. Hal ini dikarenakan kain ini merupakan kain yang ringan sehingga jika tas Anda kotor, maka bisa dicuci dengan cara yang sama seperti tas pada umumnya.

Kain parasut juga memiliki desain yang unik dan menarik, sehingga cocok digunakan sebagai tas untuk berbagai acara. Selain itu, kain ini juga dapat digunakan sebagai tas promosi atau tas souvenir yang dapat digunakan oleh para peserta acara sebagai kenang-kenangan.

Kain parasut juga memiliki harga yang terjangkau dan dapat digunakan kembali sehingga sangat cocok digunakan sebagai tas untuk acara atau sebagai tas promosi atau tas souvenir yang dapat digunakan oleh para peserta acara sebagai kenang-kenangan.

Dalam penggunaan tas dari kain parasut, sebaiknya dihindari penggunaan di tempat yang berdebu atau di tempat yang berpotensi terkena oli atau minyak, karena kain ini sangat mudah ternoda. Namun jika sudah ternoda, dapat dibersihkan dengan cara dicuci dengan sabun cair atau detergen yang sesuai.

Jadi, kain parasut menjadi pilihan yang menarik untuk digunakan dalam pembuatan tas, karena memiliki sifat anti air, mudah dalam perawatannya, desain yang unik dan menarik, harga yang terjangkau serta cocok digunakan sebagai tas untuk berbagai acara atau sebagai tas promosi atau tas souvenir. Namun harus diperhatikan juga dalam penggunaan dan perawatannya agar tas ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cordura

bahan cordura akan di potong (1)bahan cordura zoom dekat (1)

Cordura adalah jenis kain yang digunakan dalam pembuatan tas dan aksesoris lainnya. Ini adalah bahan yang sangat kuat dan tahan lama yang cocok untuk digunakan dalam aktivitas yang keras. Beberapa karakteristik utama dari cordura adalah serat kain yang rapat, tidak menerawang, tebal, bersifat panas, anti air (waterproof), memiliki tekstur yang kasar, sifat ringan namun kuat.

Cordura dikenal karena sifat ketahanannya yang luar biasa. Ini adalah bahan yang sangat kuat dan tahan lama, yang membuatnya cocok untuk digunakan dalam aktivitas yang keras. Cordura juga tahan terhadap air, sehingga cocok digunakan dalam situasi yang basah atau hujan.

Selain itu, cordura juga dikenal karena warna yang tahan lama. Ini adalah bahan yang tidak mudah pudar atau luntur meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini membuat cordura sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan tas seminar atau tas yang digunakan dalam aktivitas yang keras.

Cordura juga memiliki tekstur yang kasar, yang membuatnya memberikan kesan kuat dan kokoh. Bahannya juga tipis namun kuat, sehingga tidak akan memberikan beban berlebih pada tas yang dibuat dengan cordura.

Secara keseluruhan, cordura adalah jenis kain yang sangat baik untuk digunakan dalam pembuatan tas dan aksesoris lainnya. Sifat ketahanannya yang luar biasa, tahan terhadap air, warna yang tahan lama, tekstur yang kasar, sifat ringan namun kuat, membuat cordura menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam berbagai jenis aktivitas.

Nama Nama Bahan Kain Tas Yang Sering Digunakan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Nama Nama Bahan Kain Tas Yang Sering Digunakan

Facebook facebook.com/alifinetas Instagram instagram.com/alifine_tas
error: Content Copy Right !!